INTERNET DAN INTRANET BEDA??


"Internet dan Intranet ternyata berbeda namun memiliki kegunaan dan fungsi yang sama yaitu menghubungkan komputer dengan lainnya."




Dewasa ini, sudah banyak orang mengenal internet tetapi belum mengenal intranet baik dari segi fungsi dan kegunaan, banyak yang masih menganggap sama padahal tidak demikian.



Menurut Definisi
Internet merupakan sebuah jaringan komputer dimana antar komputer satu dengan komputer lainnya saling berkomunikasi di atas sistim / mekanisme global transmisi menggunakan protokol yang dikenal dengan TCP / IP. 
Sedangkan Intranet merupakan satu jaringan private network yang sistimnya berada dalam lingkup jaringan lokal.

Perbedaan Internet & Intranet


Internet
1. Jaringannya yang luas & cepat (seluruh dunia).
2. Perkembangannya sangat pesat.
3. Bisa digunakan oleh siapa saja dan kapan saja.
4. Data disimpan di server hosting

Intranet 
1. Jaringannya yang sempit (lokal/terbatas).
2. Perkembangannya lambat.
3. Biasa digunakan oleh perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan organisasi lainnya.
4. Data di simpan di server sendiri tidak bersiafat share global

Berdasarkan perkembangannya, internet lebih cepat daripada intranet karena akses internet dapat dijangkau oleh seluruh umat manusia. Internet lebih banyak diwarnai oleh aktivitas, kebiasaan dan misi dari manusia itu sendiri sedangkan intranet hanya dipengaruhi oleh aktivitas internal lembaga, perusahaan, dan lain sebagainya.



Sedikit ilustrasi yang bisa digambarkan untuk menjelaskan perbedaan internet dengan intranet yaitu sebagai berikut :

Internet 
Misal ada 1 server yang letaknya berjauhan dengan komputer lainnya. Kemudian komputer tersebut meminta data ke server yang kemudian dikonversi menjadi web sehingga data yang diminta berupa informasi yang rapi dan enak dibaca. 



Tidak semua hal yang diakses melalui server lain atau yang dikenal dengan web base, Anda bisa menggunakan software ftp untuk mengunggah file seperti filezilla dan smartftp. Komputer satu dengan komputer lainnya saling berhubungan walaupun jaraknya jauh hingga lintas Negara.


Intranet
Berbeda dengan internet, intranet karena ruang lingkupnya sangat terbatas pada kondisi tertentu hanya menghubungkan antar komputer secara lokal, tanpa adanya akses keluar. Walaupun juga sama-sama menggunakan TCP / IP (Internet Protocol = pengalamatan komputer) tetapi TCP / IP yang digunakan adalah TCP / IP lokal bukan global, dan tidak terdaftar secara internasional.



Pada intranet hanya dikhususkan untuk fungsionalitas manajemen internal sehingga tidak bisa diakses melalui jaringan luar misalkan diluar lingkup sekolah, luar lingkup lembaga, dan luar lingkup perusahaan.

"Jika dibandingkan, intranet dibuat secara khusus untuk menangani problem yang diberikan oleh perusahaan sedangkan internet dibuat secara umum dan setiap orang baik personal maupun khalayak ramai bisa mengakses tanpa adanya indikasi rahasia."

M Malabby P
2017240029 

Comments